MENGGALI BAKAT PADA REMAJA

Setiap anak cerdas, setiap anak istimewa di bidangnya masing – masing sesuai dengan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa ( Quotes Siti Nurul, SE )

 

Menjadi pribadi yang unggul di suatu bidang, akan menambah rasa percaya diri pada  seorang  remaja. Pengertian remaja adalah masa transisi antara masa anak – anak menuju dewasa.

Pada masa ini terjadi perubahan di semua aspek, baik secara fisik, sosial, kepribadian dan juga kognitif.

Bagaimana cara untuk menjadi pribadi yang unggul? Banyak hal yang harus dilakukan. Yakni mengenal potensi yang ada pada diri. Salah satunya adalah mengenal minat dan bakat.

Bakat merupakan kemampuan dasar yang dimiliki oleh setiap individu, kemampuan ini dapat digunakan untuk  belajar, dalam jangka waktu yang cukup pendek bila dibandingkan dengan orang lain hasilnya akan jauh lebih baik.

Pengertian bakat menurut Utami Munandar “1987” bahwa bakat dapat diartikan sebagai kemampuan bawaan, yaitu potensi yang masih perlu dikembangkan dan dilatih agar dapat terwujud. Sedangkan bakat menurut Howard Gardner adalah aktivitas teratur yang dihargai masyarakat dan dapat dinilai berdasarkan tingkat keahliannya.

Sebagai contoh, menyanyi merupakan aktivitas yang bisa disebut bakat, ketika aktivitas menyanyi tersebut dihargai oleh masyarakat, seperti diberikan kesempatan untuk menyanyi di sebuah acara dan diapresiasi. Bakat individu yang sebenarnya dapat dikenali ketika suatu aktivitas individu tersebut dihargai oleh masyarakat.

Bakat tidak bersifat tunggal, melainkan sekelompok sifat yang secara bertingkat akan membentuk bakat. Bakat bisa diwujudkan jika ada kesempatan untuk berkembang atau dikembangkan. Sangat disayangkan bila seseorang tidak mengetahui kemampuan yang terpendam bahkan sampai tidak mengembangkan bakatnya.

Bakat tersebut terbagi menjadi dua jenis yaitu bakat umum dan bakat khusus. Bakat umum adalah kemampuan yang dimiliki seseorang berupa potensi dasar yang kebanyakan orang memilikinya

Sedangkan bakat khusus merupakan kemampuan seseorang berupa potensi dimana tidak semua orang memilikinya. Bakat ini ada sejak lahir dan terbawa sampai dewasa. Ketika bakat dipadukan dengan minat akan menjadi kemampuan yang luar biasa.

Minat adalah perpaduan antara keinginan dan kemauan yang dapat berkembang jika ada motivasi (Tambubolon, 1991:41).

Dengan mengenal bakat, akan mempermudah dalam mengembangkan cara  mengenali bakat individu, salah satu caranya dengan mengamati perilaku, yakni:

  1. Jika seseorang cepat belajar dalam hal tertentu,
  2. Asyik dengan aktivitas yang dilakukan,
  3. Ada hasil yang bisa dilihat atau dinikmati oleh banyak orang, dan
  4. Menimbulkan kepuasan bagi orang tersebut.

Yang paling akurat dalam mengenali potensi dengan melakukan tes bakat dan minat, dimana tes ini dilakukan oleh tenaga profesional yaitu psikolog. Dengan mengikuti tes psikologi akan lebih mudah bagi orang tua mengetahui dan mengembangkan bakat serta minat anaknya.

Bimbingan dari orang dewasa akan sangat membantu bagi remaja untuk menjadi pribadi yang unggul. Kerjasama yang baik antara semua pihak menjadi faktor utama keberhasilan pengembangan bakat.

 

Depok, 27 Agustus 2020

Konselor SMP Cakra Buana

 

Siam Wulandari, S.Psi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *