November 13, 2018

SMA Bintara

SMA Bintara

SMA BINTARA adalah sekolah yang mendapat predikat sekolah bermutu tinggi dari Dinas Pendidikan Jawa Barat. Dengan Peringkat akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Sekolah Provinsi Jawa Barat.

Proses pembinaan siswa untuk memiliki karakter Disiplin, Peduli, dan Berprestasi adalah proses panjang, berulang, dan dilakukan secara terus menerus selama siswa berada di SMA Bintara.

SMA Bintara dengan penuh inovasi terus mengembangkan proses pembelajaran, pembinaan siswa dan kedisiplinan dalam kegiatan pembelajaran, baik intra maupun  ekstrakurikulernya, dengan begitu diharapkan SMA BINTARA akan mampu menjaga kualitas layanan pendidikannya untuk terus mencetak para siswa yang berkarakter kuat dan dengan tingkat kelulusan 100%.

Metode Pembelajaran

Kurikulum Nasional yang digunakan adalah Kurikulum 2013.
Siswa akan belajar di sekolah selama 46 jam/ minggu, dengan tambahan mata pelajaran Agama (Imtaq) dan Bahasa Inggris. Struktur kurikulum meliputi Kelompok Mata Pelajaran Wajib, Kelompok Mata Pelajaran Peminatan, dan Mata Pelajaran Lintas Minat.

Proses penjurusan dilakukan pada saat siswa naik ke kelas X berdasarkan kepada: hasil psikotest, hasil belajar saat SMP, Tes Potensi Akademik, dan angket peminatan.

Dengan terbiasa berada di dalam lingkungan belajar yang kondusif, kompetitif dan berprestasi, siswa SMA Bintara akan mampu menjaga kualitas akademiknya dan tumbuh menjadi insan yang berkarakter Disiplin, Peduli dan Berprestasi.

Alumni

Siswa SMA Bintara juga mampu dan siap bersaing mencapai jenjang yang lebih tinggi di Perguruan Tinggi Negeri sesuai dengan program studi impiannya.

SMA Bintara menyediakan jalur undangan untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia untuk siswa yang berprestasi dalam bidang akademik dari semester satu sampai dengan semester enam.

Banyak siswa SMA Bintara yang memiliki impian dan cita-cita untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri. Dengan pembinaan belajar yang intensif sejak awal masuk, siswa dibimbing untuk terus berusaha mencapai tujuannya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa SMA Bintara yang melanjutkan pendidikannya di Perguruan Tinggi Negeri impian mereka.

Kegiatan Ekstrakulikuler

Sebagai salah satu upaya pengembangan potensi, minat dan bakat siswa di bidang non akademik, SMA Bintara memiliki cabang- cabang ekstrakurikuler favorit siswa, antara lain:

  • Karya Ilmiah Remaja
  • Futsal
  • Basket
  • Bulutangkis
  • Taekwondo
  • Art of Robotic
  • English Club
  • Traditional Dance
  • Paskibra
  • Rohis dan Rohkris